Berkah Atlet Papua Berlatih di Laut Lepas , 24 Emas

Sunday, November 24th 2013. | Atlet

sejumlah-perenang

Sejumlah perenang melakukan start saat pertandingan final cabor renang nomor gaya dada 100M Putra S8 Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XIV, di Arena Aquatik, Pekanbaru, Riau, Selasa, (9/10).

Kontingen paralimpik Papua merajai ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV di cabang olahraga renang. Papua sukses menjadi juara umum dan menutup hajat cabang renang dengan memborong 24 emas, 9 perak dan 4 perunggu.

Raihan tersebut melampaui target yang dicanangkan kontingen ujung timur itu yang awalnya hanya 12 emas. Tak hanya sukses panen medali emas, kontingen Papua juga berhasil menorehkan rekor baru Asia Tenggara.

Kevin Yowei, salah satu atlet dari Papua yang turun di nomor 50 meter gaya kupu-kupu berhasil memecahkan dua rekor sekaligus dengan catatan waktu 29,98 detik. Catatan itu memutus rekor Asia Tenggara yang dipegang perenang asal Singapura, Engkiong dengan catatan waktu 30,83 detik pada Desember 2008.

Kevin juga berhasil memecahkan rekor Peparnas sebelumnya yang dipegang perenang asal Kalimantan Barat, Maradhona dengan catatan 35,42 detik. Perenang yang masih berusia 14 tahun itu mengaku bahwa ia giat berlatih menjelang turnamen.

Perenang yang merupakan anak nelayan ini mengakui, bertanding di ajang nasional hanya bermodalkan kepercayaan diri. “Kita hanya modal percaya diri dan semangat,” ujarnya di Media Center Utama di gedung Perpustakaan, Pekanbaru, Kamis (11/10) Malam.

Hal senada juga disampaikan pelatih kontingen Papua, Jaya Kusuma. Baginya, torehan anak asuhnya itu merupakan prestasi terbesar yang pernah diraih Papua. “Kita juga tak menyangka bisa berprestasi di cabang renang, jelas ini di luar target” ungkap Jaya.

Jaya menambahkan, kunci yang membuat tim Papua berjaya lantaran mereka dari kecil sudah bersahabat dengan alam. Pasalnya, dengan fasilitas yang amat terbatas di daerahnya, Jaya menginstruksikan para atlet renangnya di laut lepas.

Bahkan tak jarang, dengan kondisi dukungan yang minim dari pemerintah setempat, para atlet berlatih di satu-satunya kolam renang milik TNI AD di sana.

“Tapi kami tetap bersyukur, anak-anak tetap berlatih semangat,” jelasnya.

Redaktur : Hazliansyah

Related For Berkah Atlet Papua Berlatih di Laut Lepas , 24 Emas