Papua Target 5 Besar PON XX

  • Whatsapp
Atlet Hoki Saat Mengikuti Penutupan CB-AMT di Rindam.

JAYAPURA- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua menargetkan berada di urutan 5 besar nasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Dan untuk mewujudkannya, KONI sudah menyiapkan taktik dan strategi pemenangan, salah satunya adalah meningkatkan kualitas dan profesionalitas atlet dan pelatih melalui Character Building dan Achievement Motivation Training (CB-AMT).

Demikian disampaikan Dr.Tri Setyo Guntoro,M.Kes, Kepala Bidang Sport Sciences dan Litbang KONI Papua saat membacakan sambutan Ketua KONI Papua, Sabtu pagi (28/9/2019) disela-sela penutupan CB-AMT gelombang ke IV di Rindam XVII Cenderawasih, Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura.
Sebanyak 189 peserta yang terdiri dari 100 atlet putra, 73 atlet putri dan 16 orang pelatih dari 10 cabang olahraga selama sepekan mengikuti CB-AMT.

“Melalui Character Building dan Achievement Motivation Training ini kita harapkan atlet dan pelatih memiliki disiplin semangat dan motivasi dalam meningkatkan kerjasama di dalam pertandingan atau perlombaan guna mewujudkan target Papua di PON masuk peringkat 5 besar nasional,”ungkap Guntoro.

Memasuki akhir September, KONI Papua melalui Pusat Latihan Provinsi Papua (Puslatprov) telah mengirimkan kurang lebih 800 atlet dan pelatih ke Depo Pendidikan (Dodik) Rindam XVII Cenderawasih untuk menjalani pembentukan karakter, mental dan disiplin.

Guntoro mengatakan CB-AMT merupakan bagian dari upaya pembinaan KONI Papua menyiapkan atlet dan pelatih yang akan tergabung dalam kontingen Papua jelang PON XX tahun 2020 mendatang di Bumi Cenderawasih.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan para atlet dan pelatih mampu memecahkan masalah saat pertandingan di iven empat tahunan tersebut. Dinamika dalam pertandingan dapat diselesaikan dengan kemampuan atlit sehingga kemenangan dapat direbut.

“Kita harapkan atlet dan pelatih dapat menerapkan pengetahuan yang didapat mengenai langkah-langkah pemecahan masalah aktual yang berkaitan dengan mental psikologi atlet serta kemampuan dalam memahami dinamika dalam menghadapi suatu permasalahan di dalam pertandingan atau perlombaan,”katanya.

Sementara itu, Ketua Puslatprov KONI Papua Brigjen TNI. Irham Waroihan,S.Sos mengatakan sesuai dengan jadwal kegiatan CB-AMT berlangsung dalam 5 gelombang. Kurang lebih 1200 atlet dan pelatih Papua terlibat dalam kegiatan ini.

“Tinggal gelombang terakhir sekitar 200 orang yang akan mengikuti Character Building dan Achievement Motivation Training (CB-AMT). Mereka ini sedang mengikuti kejuaraan maupun TC (Training Center) di luar Papua. Kita jadwal 5 Oktober 2019 mereka ikut Character Building,”kata Kasdam XVII Cenderawasih itu.

Editor: HANS BISAY/AZIS MATDOAN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *