Sejarah

SEJARAH TERBENTUKNYA KONI IRIAN JAYA
KONI daerah tingka I Irian Jaya mulai berdiri pada bulan Januari 1968. Pada awalnya KONI Irian jaya hanya mampu membina sepuluh cabang olahraga (cabor) , yakni atletik, sepakbola, tinju, bolavolly, bola basket, tenis, tenis meja, bulu tangkis dan renang.
Ketua umum KONI Irian Jaya yang pertama adalah T. Gebze, beliau menjabat hanya satu tahun. Yakni tahun 1968-1969. Penggantinya adalah M. Sarwono periode 1969-1973.
Ketua umum III, Acub Zaenal yang juga saat itu menjabat Gubernur Irian jaya, Acub Zaenal juga menjabat sebagai ketua umum KONI dalam periode 1973-1975, kemudian diganti oleh Gubernur Sutran tahun 1975-1980. Pada tahun 1980, jabatan ketua umum dipegang oleh Busiri Suryowinoto, juga selaku Gubernur Irian jaya saat itu meninggal dunia pada tahun 1982 sehingga kepemimpinanya dijabat sementara oleh Naswar Nurdin sampai Desember 1982.
Kemudian Gubernur Irian jaya Izaac Hindom mengambil insiatif memimpin KONI Irian Jaya, sampai pada pemilihan kepengurusan yang baru dilaskanakan pada bulan Februari 1983. Hasil kerja formatur, Izaac Hindom memegang ketua umum KONI Irian jaya periode 1983-1986.
Perlu diketahui bahwa daerah Irian jaya sangat kaya atlet olahraga, juga memiliki bakat alam. Bakat alam itu tampak terutama dalam cabang olahraga atletik, sepak bola dan tinju.
Adapun susunan kepengurusan KONI Irian Jaya periode 1983-1986 adalah sebagai berikut :
Ketua umu : Gubernur kdh. Tingkat I Irian Jaya Izaag Hindom
Ketua harian : Wakil Gubernur Kdh. Tingkat I Irian jaya, Soegiono
Ketua Bidang organisasi dan Umum : Baas Youwe
Ketua Bidang pembinaan orestasi : Darmoyo Kaeni
Ketua Bidang Dana dan Umum : Drs. H.R.S. Soengkono, Bc. K.N
Ketua Bidang Penelitian dan
Pengembangan : M. Noeh Hatumena
Sekretaris Umum : Drs. H.M. Fabanyo
Wakil sekretaris : R. Wacanno
Bendahara : D. Sj. Ponto. Bc. K.N
Pembantu umum : Jaap Solossa BA. – K. Urbinas
Ule latumahina – Soehendarto As.